Thursday, 18 March 2010

tugas NAS(NETWORK ADMINISTRATION SYSTEM)


NAMA KELOMPOK:
1.       LINDU WICAKSANA                                        (30208128/nightemperor16.BLOGSPOT.COM)
2.       DION PRAYOGA .D.P                                      (30208036/ http://destragedy.blogspot.com)
3.       TIMOTIUS .R                                                      (30208172/dyfrig-violent.blogspot.com)
1.Tugas system administrator

System Administrator Tasks
Sistem  administrator dapat mengkonfigurasi dan memelihara jaringan perusahaan yang berhubungan data client dan server salah satuna dengan menggunakan Commerce Server Manager. Commerce Server Manager adalah sebuah aplikasi berbasis Windows, dan bukan one web based.

berikut berisi beberapa tugas melaksanakan sistem  administrator :

Analysis
·         Jika diperlukan, memberikan spesifik database Microsoft SQL Server untuk pengguna Bisnis, memungkinkan beberapa pengguna untuk membaca dan menyimpan laporan, sementara yang lain hanya bisa membaca laporan.
·         Impor data situs ke Data Warehouse, sehingga dapat menjalankan laporan.
·         Membangun model Segmen baru, sehingga dapat melakukan analisis segmen.
·         Membangun model prediksi baru, sehingga dapat mengekspor daftar afinitas ke Manajer Daftar modul.

Campaigns
        Menentukan kapan dan seberapa sering iklan dan promosi diskon Item yang diperbaharui pada situs produksi .
        Memberikan connection string dan SQL query bagi client untuk menghasilkan daftar langsung dari database SQL Server.

Catalogs
        Menentukan kapan dan seberapa sering katalog pembaruan yang dilakukan pada situs produksi
         Mengubah katalog eksternal untuk Extensible Markup Language (XML) atau koma-separated values (CSV) format file, sehingga Anda dapat mengimpor mereka.
        Set up BizTalk Server, sehingga Anda dapat bertukar katalog dan dokumen dengan mitra dagang.
        Mengatur properti Commerce Server berikut:
- Bahasa (lokal) untuk situs Web (1031 = Jerman, 1033 = Inggris, 1034 = Spanyol, 1036 = Perancis, 1041 = Jepang).
- locale untuk memformat mata uang dasar.
- mata uang alternatif pilihan untuk mengaktifkan tampilan dua mata uang secara bersamaan.
- Satuan ukuran untuk bobot untuk menghitung biaya pengiriman produk (misalnya, kilogram atau pon).
- pilihan integrasi BizTalk Server, memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima katalog dari mitra dagang.

Orders
• Tetapkan jenis pembayaran yang didukung oleh situs banking: kartu kredit, rekening tagihan, atau keduanya.







Profiles
        Adds profil definisi.
        Menambahkan sumber data yang mengontrol di mana data profil disimpan.
        Mengatur properti Commerce Server berikut:
- Situs sebesar opsi yang memungkinkan pengguna untuk mendaftar di situs Anda.
- Buku Alamat opsi yang memungkinkan situs Anda untuk mendukung fitur buku alamat.
- Login pilihan yang menentukan kapan pengguna harus log in ke situs: login ketika mereka masuk ke situs, login opsional saat memasuki situs ini, memerlukan login pada saat pembelian, atau login opsional setiap saat.
- Jumlah kali user akan diminta untuk mengetik mereka nama pengguna dan password sebelum pesan memerintahkan mereka untuk menghubungi layanan pelanggan ditampilkan.

Security
        Adds Windows account, dan kemudian menetapkan Meja Bisnis pengguna ke account. Anda dapat menggunakan meja Bisnis untuk menetapkan izin khusus untuk setiap account.

Tugas seorang Sistem Administrasi
Di bawah ini adalah daftar dari beberapa tugas-tugas yang lebih umum dari seorang sistem administrator yang  diharapkan untuk dapat memvisualisasikannya. Sebuah sistem administrator memiliki banyak tugas, Mereka dapat dibagi dalam kelompok-kelompok sesuai dengan seberapa sering ada trouble sistem yang dialami dalam perusahaan . Dalam kehidupan nyata, untuk setiap posisi tertentu, seorang administrator sistem mungkin diperlukan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih banyak atau lebih sedikit dari pada yang tercantum di sini.

* Planing - biaya, perencanaan kapasitas, logistik (desain jaringan, lokasi server, di mana untuk menginstal, kabel, alamat IP tugas, penyedia layanan jaringan )
* Mempersiapkan - suhu, kelembaban, listrik, kebakaran, keamanan, EIA / TIA pengkabelan lemari dan standar pengkabelan, UPS, mengubahbah manajemen(mempersiapkan perubahan layanan apa pun)
* Instalasi hardware - komputer, terminal, disk drive, CD-ROM, RAM, printer, NIC, pengkabelan
 * Menjaga - pemeliharaan preventif yang teratur (harian, mingguan), boot dan shutdown sistem bila diperlukan, printer, media backup, tune kinerja sistem
* Monitoring - printer, ruang disk, jaringan, server dan workstation, kinerja, dan keamanan, dan semua file-file log secara teratur
 * Instalasi / upgrade / menghapus software - OS (kernel patch, device driver baru), aplikasi (versi baru, konfigurasi baru,DLL),dan dokumentasi
* Backup dan arsip
* Konfigurasi - kernel, perangkat lunak jaringan seperti Samba, X Window, akuntansi, kuota, keamanan, mail, berita, waktu, web dan server lain, crontab
* Trouble-shooting - koneksi jaringan, layanan yang tidak memulai, keamanan yang rusak
* Memelihara dokumentasi lokal - panduan pengguna baru, kebijakan dan prosedur dokumen (rencana keamanan, rencana pemulihan bencana, prosedur administrasi, permintaan layanan / laporan bentuk bug), halaman manual untuk software tambahan.
* Bantuan dan mendidik pengguna - Ini termasuk bekerja dengan memanajemen client(yang kadang-kadang membutuhkan bantuan dan pendidikan kebanyakan  mereka tidak berpikir begitu), membantu pengguna baru, pengguna yang telah berpengalaman, dan diri sendiri
 * Baselining - sistem Menghasilkan laporan dan mengkorelasikan pertumbuhan, perubahan dari waktu ke waktu. (Gunakan data untuk memesan persediaan, suku cadang, perangkat keras dan perangkat lunak pada waktu yang tepat, dan untuk menghasilkan laporan ke manajemen)
* Penyelesaian masalah - Sistem administrasi adalah tentang menyelesaikan masalah, bukan menghafal bagaimana-untuk arah. Seringkali sesuatu tidak akan bekerja sebagaimana mestinya.


2.Departemen
1.IT
Tujuan utama pentingnya konsep manajemen dalam mengelola departemen ICT ini adalah bagaimana membuat ICT di suatu perusahaan/instansi menjadi lebih terukur kinerjanya, kontribusinya, dan perencanaan pengembangannya bagi pihak manajemen perusahaan, dan memudahkan departemen IT itu sendiri mengelola aktifitas mereka.
-user need          :
1)      software yang cepat,efektif dan efisien
2)      terjamin securitynya
3)      stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
4)      hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen IT
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software yang membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli
-membutuhkan OS yang mungkin lebih dari satu
·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware tingkat tinggi
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-akan ada cukup banyak computer yang tersambung
-membutuhkan hardware network yg stabil
·         Security system
-membutuhkan tingkat security yang tinggi
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur dan ketat,karena divisi IT termasuk divisi yang banyak menyimpan data penting perusahaan

2.logistik:
Divisi yang mengatur dan mengkontrol arus barang, energi, informasi, dan sumber daya lainnya, seperti produk, jasa, dan manusia, dari sumber produksi ke pasar. Manufaktur dan marketing akan sulit dilakukan tanpa dukungan logistik. Logistik juga mencakup integrasi informasi, transportasi, inventori, pergudangan, dan pemaketan.
-user need          :
1.    software yang cepat,efektif dan efisien
2.       terjamin securitynya
3.       stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
4.       hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen logistik
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software dasar perkantoran maupun aplikasi tambahan yang tidak terlalu membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli

·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware standard an murah saja
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-akan ada cukup banyak computer yang tersambung
-membutuhkan hardware network yg stabil
·         Security system
-membutuhkan tingkat security yang tinggi
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur dan ketat,karena divisi logistik termasuk divisi yang banyak menyimpan data penting perusahaan




3.packing
Divisi yang mengatur pembungkusan atau pengemasan barang hasil produksi.
-user need          :
1.       software yang cepat,efektif dan efisien
2.       terjamin securitynya
3.       stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
4.       hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen IT
5.       computer atau pc yang minimal saja,hanya untuk administrasi
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software dasar perkantoran biasa
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli
·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware standar bahkan seminimal mungkin
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-sedikit computer yang dibutuhkan
·         Security system
-membutuhkan tingkat security standar
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur secara standar saja


4.finance
Departemen ini menbantu Perusahaan dalam hal keuangan dan pencatatan pembukuan perusahaan. Maka kalo dilihat dari aktivitasnya tugas umum yang akan dijumpai pada Departemen ini diantaranya :
  • Pembayaran
  • Penerimaan
  • Pengelolaan Kas Kecil
  • Pinjaman

-user need          :
1.       software yang cepat,efektif dan efisien
2.       terjamin securitynya
3.       stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
4.       hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen IT
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software yang membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli
-membutuhkan software-software accounting yang mudah dan umum digunakan
·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware standard dan seminimal mungkin saja
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-akan ada cukup banyak computer yang tersambung
-membutuhkan hardware network yg stabil
·         Security system
-membutuhkan tingkat security yang sangat tinggi
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur dan ketat,karena divisi finance termasuk divisi yang banyak menyimpan data penting perusahaan



5.marketing
Departemen ini adalah sebagai ujung tombak Perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya. Tugas umum yang akan Kita jumpai disana diantaranya :
  • Promosi
  • Pencarian calon Pembeli yang Prospektif
  • Distribusi
  • Klaim
  • Service after Sales
  • Penagihan

-user need          :
·         software yang cepat,efektif dan efisien
·         terjamin securitynya
·         stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
·         hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen IT
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software yang membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli
-membutuhkan banyak aplikasi dasar maupun tambahan yang cukup beragam
·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware tingkat tinggi
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-tidak terlalu banyak computer yang tersambung
-membutuhkan hardware network yg stabil
·         Security system
-membutuhkan tingkat security yang amat tinggi
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur dan ketat,karena divisi marketing termasuk divisi yang banyak menyimpan data penting perusahaan



6.HRD
Departemen ini membawahi semua aktivitas yang berhubungan dengan kepegawaian dan juga kegiatan umum lainnya untuk menunjang aktivitas perusahaan. Umumnya Departemen ini akan dipimpin oleh satu penanggungjawab yang sama.
Contoh bidang pekerjaan yang ditangani:
  • Pengajihan
  • Perjalanan Dinas
  • Klaim Pengobatan
  • Absensi Karyawan
  • Pengiriman Dokumen
  • Perawatan Inventaris Kantor
-user need          :
·         software yang cepat,efektif dan efisien
·         terjamin securitynya
·         stabil koneksi antar workgroup maupun dengan internet
·         hardware yang mencukupi untuk melaksanakan tugas-tugas departemen IT
-hasil analisa:
·         Software
-membutuhkan software-software yang membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi
-membutuhkan software berlisensi resmi dan asli
-banyak membutuhkan aplikasi dasar dan aplikasi tambahan
·         Hardware
-membutuhkan spesifikasi hardware tingkat tinggi
-hardware bermerk dan bergaransi terjamin(kalo bisa lifetime warranty)
-membutuhkan arus listrik yang rendah
·         Network
-akan ada cukup banyak computer yang tersambung
-membutuhkan hardware network yg stabil
·         Security system
-membutuhkan tingkat security yang sangat tinggi
·         User management
-membutuhkan user management yang terstruktur dan ketat,karena divisi ini  termasuk divisi yang banyak menyimpan data penting perusahaan

JOB PLAN
Seperti biasa,langkah-langkah system administrator dalam mengerjakan suatu tugas adalah seperti yang telah dijelaskan diatas.Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan dibawah:
1.       Melakukan investigasi system informasi yang akan dihadapi
2.       Melakukan analisa seperti yang telah dijabarkan diatas
3.       Melakukan persiapan serta perancangan system yang akan dibangun
4.       Pembuatan produk(system) dan juga tes quality insurance atas system yang telah dibangun
5.       Perawatan atau pemeliharaan system yang telah dibangun
6.       Pengembangan system untuk memenuhi kebutuhan user yang terus berkembang

1 comment: